SEJARAH KERAJINAN MARMER TULUNGAGUNG ( 4)

KARYA-KARYA BESAR  YANG BERTAHAN DARI MASA-KE MASA.
Baliho Selamat Datang diSentra Kerajinan marmer Tulungagung
Sebuah karya   seni yang dihasilkan oleh para pengrajin marmer Tulungagung, akan selalu masuk pada ujian ketahanan dipasar, apakah market bisa menerima kehadirannya , atau hanya sekelebat saja menghiasi showroom-showroom dan akhirnya tidak pernah di buat lagi.Memang dalam menghasilkan karya kita harus uga mempertimbangkan banyak hal, termasuk pangsa pasar yang akan kita bidik. Seperti yang saya tulis di Seri 3 lalu , banyak sekali karya-karya seni yang berorientasi “ pure art” justru jarang diterima, akan tetapi karya-karya benda pakai  yang murah meriah dan tidak begitu mempertimbangkan art design ,justru tetap bertahan dari masa kemasa.Market oriented atau      Idealisme anda yang akan anda pertahankan…hanya waktu yang menjawab.

Kami catat sepuluh karya besar dalam sejarah perkembangan kerajinan marmer yang masih bertahan sampai dengan saat ini masih diproduksi secara turun temurun dan hanya memerlukan sedikit inovasi dan modifikasi produk saja.
1.       Karya Yang tertua, adalah makam dan Batu  Nisan , dari decade awal sampai sekarang ,karya makam marmer atau lazim kami sebut sebagai kijingan ini tetap bertahan dari derasnya dempuran pasar.Karya –karya makam dan batu Nisan ini hanya sedikit sekali mengalami modifikasi produk, antara lain adalah munculnya Nisan berpola mahkota, Nisan berpola ukir,  dan baru sekitar tahun 2005 yang lalu tercatat tambahan ornament kaligrafi doa dimakam marmer.Terlepas dari adat-istiadat daerah,yang memperbolehkan dan tidak memperbolehkan membuat kijingan / makam  permanent di pemakanan umum, karya Makam marmer atau kijingan marmer, termasuk didalamnya  Nisan batu marmer masih tetap diminati banyak kalangan.
2.       Asbak marmer, mungkin catatan karya terlaris keduanya adalah  asbak batu marmer, bentuk yang kecil dan harga yang murah, hanya dalam kisaran 35 _ 75 ribu saja kita sudah bisa membawa pulang karya kecil ini unutk penghias meja tamu kita dirumah.Asbak marmer  pada decade awal berupa  bentuk asbak kotak, dan kotak berlengkung, Akan tetapi pada akhir-akhir modifikasi yang dikembangkan hamper semua produk asbak marmer Tulungagung ini berbentuk bulat,  dalam proses pembuatannya asbak ini mempergunakan tegnology bubut,sangat sederhana dan cepat dalam proses pembuatannya.
3.       Prasasti Marmer, Karya kerajinan marmer  tertua selanjutnya adalah prasasti marmer, Dari decade awal kerajinan marmer ,karya prasasti marmer Tulungagung tetap diminati pembeli,karena pada saat itu dalam mengembangkan kijingan dan makam, selalu dilengkapi dengan teknis  “ Letteran” atau penulisan huruf , sebagai tanda nama dan tanggal  lahir dan wafat  si “ Empunya makam”. Selain itu karya prasasti marmer Tulungagung juga diaplikasikan  sebagai penanda dari bangunan proyek atau penanda peresmian gedung dan sebagainya.Perkembangan teknis pembuatan prasasti ini sangat pesat dengan munculnya karya-karya Nameboard besar untuk gedung dan Kampus-kampus, bahkan sebagai pengembangan teknis prasasti marmer ini telah di buat karya –karya raksasa yang berukuran puluhan meter persegi.
4.       Vas bunga , Pot bunga dan varian produk vas bunga. Sebagai benda yang sering dijadikan sebagai hiasan dimeja-meja kecil, di buffet – buffet rumah dan mempercantik sudut-sudut ruangan, Vas bunga dan pot bunga tetap menjadi favorit  kerajinan terfavorit dan bertahan beberapa decade.Muncul nya kerajinan vas bunga ini adalah pada  perkembangan decade ke -2 ,setelah diperkenalkannya teknis bubut batuan  saat itu. Modifikasi produk  yang terjadi pada produk ini antaralain : tentang ukurannya yang sudah berkembang dalam ukuran yang besar, teknik penyambungan vas bunga ukura raksasa ,pemberian motif ukir pada badan vas bunga dan seni letter  tambahan untuk loggo_loggo perusahaan pemberi souvenir.
5.       Meja –meja marmer, munculnya meja marmer diperkirakan adalah pada decade kedua , setelah digunakannya gergaji marmer sebagai mesin pembelah untukpengolahan bongkahan batu menjadi  plat batu.Yakni tahun 1980_an ,diawal peluncuran produk meja marmer pada saat itu masih berbentuk kotak_kotak ,seperti meja tamu kita dirumah.Akan tetapi pada perkembangan decade ke tiga ,dengan munculnya persilangan kerajinan marmer dan kerajinan cor logam dari Klaten dan Sukoharjo, bentuk-bentuk meja marmer dan onix ini berkembang begitu pesat, kami mencatat lebih dari 78 nama-nama meja dan kursi untuk varian modifikasi seni pembuatan meja ini. Varian yang terkenal dalam bentuk meja ini antaralain: meja makan besar dan meja sayur, meja kacangan, meja kacangan oval,meja kacangan love, meja monalisa, meja Alexandra,meja rias  berbagai macam varian, meja tamu dan variannya, meja telephone,meja TV, meja sudut dan lain-lain.Diakhir tahun 2009 berkembang permintaan pasar meja-meja batuan seiseki utuh  dan juga varian sejenisnya.
6.       Selain meja Marmer , tentunya nggak lengkap kalau saya tidak menulis Varian kursi-kursi marmer dan batuan .Kursi-kursi marmer biasanya dipesan bersamaan dengan meja marmer.Varian yang sering dibuat para pengrajin antaralain : kursi putar ,kursi monalisa sebagai pelengkap meja monalisa, kursi anggur ,kursi balok kotak berukir, dan lain-lain.Pada akhir tahun 2009  berkembang permintaan pasar kursi  batu alam murni dan utuh  yang sampai saat ini masih besar  peminatnya dipasaran.Kelebihan dari kursi dan meja batuan utuh ini adalah bentuknya yang alami, hanya diberi sedikit sandaran dan tempat duduk saja,keutuhan dan motif alam yang melekat menjadi daya tarik tersendiri untuk para kolektor seni.
7.       Telur marmer, banyak orang yang mengkaitkan produk ini dengan adanya permintaan besar untuk telur marmer ini di hari PASKAH, salah satu hari raya ummat Nashrani, yang katanya mereka memerlukan “ TELUR PASKAH “ sebagai  tradisi yang melekat pada hari itu. Seperti halnya tradisi “KETUPAT LEBARAN” kira kira ya…??? Mereka selalu menambah ornament  perayaan Paskah mereka dengan menghadirkan telur-telur hias.Menurut sementara orang inilah yang membuat karya seni telur marmer ini tetap bertahan dari tahun 1970_an  hingga sekarang.Semoga nanti muncul juga Ketupat marmer dan menjadi bomming ditahun mendatang, mengingatpotensiummat Islam di Indonesia ini sangat besar, demikian juga negera-negara lainnya didunia ini.
8.       Patung Kuda meringkik, kenapa saya specialiskan pada nama patung ini,karena memang patung kuda meringkik ini sangat fenomenal di tahun 80_an sampai dengan sekarang, tetap menjadi favorit bentuk patung yang dibuat para pengrajin marmer.Setiap orang yang datang ke Kota marmer Tulungagung tidaklengkap kiranya kalau pulang tidak membawa “ Patung Kuda meringkik “ ini. Pembuatan yang begitu halus dan designya saderhana akan tetapi memiliki ekspresi seni yang sangat-sangat hidup dalam setiap karya kuda meringkik.Pernah ada juga varian lain dari patung kuda ini, antaralain patung kuda berjajar patung kuda merumput dan patung kuda menyusui, akan tetapi sebagai catatan sejarah terbesar dan terlaris  dan fenomenal adalah patung marmer yang berjudul “ Patung kuda meringkik”
9.       Kap lampu,benda pakai untuk menaruh lampu hiasan, Seni ini oleh pengrajin kami disebut sebagai kap lampu, yakni bentuk marmer yang berlubang tengah sebagai tempat menaruh  bola lampu didalamnya.Bahan dari kap lampu ini biasanya dari bahan Onix yang bisa tembus sinar.Akan sangat special jika dibuat dengan teknik bubut tipis, sehingga pendaran sinar dari bolalampu  ini akan semakin terang benderang.Varian-varian yang sering diproduksi antaralain :  Kap lampu kerucut, kap lampu  bulat, kap lampu tabung,kap lampu trapesium  dan lain-lainnya. Modifikasi yang sering dilakukan antaralain, teknik pembuatan kap lampu raksasa dengan menyambung beberapa bagian kap lampu menjadi tatanan yang besar.Pada tahun 2000_an dikenalkan  motif-motif kaplampu dari Tata taman Jepang, motif ini tidak menuntut bahan yang bisa transparan atau tertembus sinar, akan tetapi memberi  ornament lubang lubang dibahan batu yang tidak bisa tembus sinar. Lampu taman ini untuk ornament outdoor sebagai salah satu ornament  wajib  Tata taman ala Jepang.
10.   Lantai dan dinding marmer, sebagai salah satu kerajinan yang tertua,muncul dari awal decade perkembangan kerajinan marmer Tulungagung, kami sengaja meletakkan nya di bagian terakhir dari 10 karya  kerajinan marmer yang Fenomenal  sepanjang masa, kenapa demikian ? karena sebagai hasil kerajinan marmer, lantai dan dinding marmer ini hanya memerlukan sedikit sentuhan seni, menurut penulis tingkat klasifikasi “” kerajinan “ atau handcraftnya hanya tipis sekali,Yang lainnya terkait dengan teknis_teknis pressisi siku teknik pembuatan ketebalan bahan, pemilihan corak, keseragaman warana dan teknik pemasangan.Karena teknik umum yang digunakan dalam kerajinan lantai dan dinding marmer adalah langsung pada teknik finishing saja, misalnya dipoles, dibakar, diberi alur, di kasih natural break,di thithik, dan sebagainya.Jadi mohon maaf meskipun ini merupakan sejarah tertua kerajinan marmer Tulungagung, akan tetapi kami meletakkannya dibagian paling bawah. Perkembangan varian lantai dan dinding marmer yang terkenal dan cukup fenomenal adalah munculnya  seni marmer bakar, seni marmer alur dan pemberian finishing natural break  (pecahan alami)  seperti yang diaplikasikan pada kerajinan dinding marmer yang lazim kami beri nama Marmo Sejarah mencatat munculnya varian ini  adalah  sekitar tahun 1990_an.  Selain itu juga muncul varian yang super kreatif yakni pembuatan kerajinan mozaik dan parquet marmer, Kerajinan ini sangat banyak menyerap tenaga kerja didaerah kami, baik yang berada dikecamatan Campurdarat  dan sekitarnya.


MyFreeCopyright.com Registered & Protected

Postingan populer dari blog ini

PRASASTI PNPM TEMANGGUNG JAWATENGAH

PRASASTI MARMER ,BERBENTUK FISKAL METER

JENIS MAKAM MARMER,VERSI MARMER TULUNGAGUNG ONLINE